Pengertian
Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online,
dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa
media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media
sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi
dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet
yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Jejaring sosial merupakan situs dimana
setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan
teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar
antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan
media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media
sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi
kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi
informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone
makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses
facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya
dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses
media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi
tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena
kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa
konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
Pesatnya perkembangan media sosial kini
dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk
memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal
yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang
pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan
internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat
mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media
dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar,
video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Media
sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
a.
Pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai
banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet.
b.
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus
melalui suatu Gatekeeper
c.
Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
d.
Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi
Pertumbuhan
Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini
dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk
memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal
yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang
pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan
internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat
mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas
bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis,
dan berbagai model content lainnya.
Peran
dan Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan alat promosi bisnis
yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi
bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh
pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk
menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, twitter,
dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari
media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Media
sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
-
Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional
dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul.
Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar
TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi
internet.
-
Membangun
Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak
tertandingi untuk berinteraksi dengan
pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback
langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak
dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media
tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
-
Jangkauan
Global
Media tradisional dapat menjangkau secara
global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui
media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas
dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap
segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih
banyak pengguna.
-
Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah,
pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui
efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan
waktu yang lama.
Fungsi
Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial
sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait
dengan sistem komunikasi, yaitu :
a.
Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan
perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar
anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan
untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog
organisasi dan integrasi konten dalam
masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
b.
Mendengarkan
dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar
apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
c.
Berpikir
dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda
akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman
teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
d.
Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat
penting untuk mengukur apakah metode
yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam
meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
Jenis-Jenis
Media Sosial
a. Wikis
Website yang
memperbolehkan siapa saja untuk mengisi atau mengedit informasi di dalamnya,
berlaku sebagai sebuah dokumen atau database komunal. Misalnya Wikipedia.
b. Blog
Merupakan bentuk
terbaik dari media sosial, berupa jurnal online, dengan pemuatan tulisan
(postingan) terbalik, yaitu tulisan terbaru ada di halaman terdepan.
c. Microblog
Situs jejaring sosial
dikombinasi blog, yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk mengirimkan
‘update’ secara online melalui SMS, pesan instan, email atau aplikasi.
Contohnya Twitter.
d. Konten
Komunitas yang mengorganisir
dan berbagi isi jenis tertentu. Misalnya: Flickr untuk foto-foto, YouTube untuk
video, SlideShare untuk presentasi, kompasiana untuk tulisan, Scribd untuk
document, instagram untuk foto.
e. Situs jejaring
sosial
Aplikasi/ situs yang
mengizinkan dan memberi fasilitas kepada penggunanya untuk membangun halaman
web pribadi dan kemudian terhubung dengan teman-temannya untuk berbagi konten
dan komunikasi. Contohnya: MySpace, Facebook, Linkendln, Bebo, dll.
f. Virtual game
world
Dunia virtual, dimana
mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar –
avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia
nyata. contohnya game online.
g. Virtual social
world
Dunia virtual yang
dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game
world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas,
dan lebih ke arah kehidupan, contohnya second life.
h. Podcasts
berupa file-file audio
dan video yang tersedia atau dapat diakses dengan cara berlangganan (subscribe)
email, melalui Apple iTunes.
i. Forum
Sebuah area untuk
diskusi online, seputar topik dan minat tertentu. Forum sudah ada jauh sebelum
media sosial populer, dan menjadi elemen yang kuat dan populer di kalangan
komunitas online. Contohnya seperti kaskus, forum komas, forum viva.
j. Integrasi
media social
Sebuah situs yang
mengintegrasikan semua media untuk satu aktifitas sehingga tidak perlu repot
untuk posting di beberapa media. Contohnya hootsuite.
Jurnalistik/4/C
UIN SGD Bandung