Pengertian Media Online
Media Online adalah
sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan
multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website
(situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan
karakteristik masing-masing.
Jenis-Jenis Media Online
Media online berupa situs berita bisa
diklasifikasikan menjadi lima kategori:
a. Situs berita berupa "edisi
online" dari media cetak surat kabar atau majalah.
b. Situs berita berupa "edisi
online" media penyiaran radio.
c. Situs berita online" murni yang
tidak terkait dengan media cetak atau elektronik.
d. Situs "indeks berita" yang
hanya memuat link-link berita dari situs berita lain.
Dari sisi pemilik atau publisher,
jenis-jenis website dapat digolongkan menjadi enam jenis:
- News organisation website: situs
lembaga pers atau penyiaran
- Commercial organization website: situs
lembaga bisnis atau perusahaan
- Website pemerintahan
- Website kelompok kepentingan (interest
group)
- Personal website (blog)
Karaktersitik Media Online
-
Kecepatan (aktualitas) informasi
Kejadian atau peristiwa yang terjadi di lapangan dapat langsung di upload
ke dalam situs web media online ini, tanpa harus menunggu hitungan menit, jam
atau hari, seperti yang terjadi pada media elektronik atau media cetak. Dengan
demikian mempercepat distribusi informasi ke pasar (pengakses), dengan
jangkauan global lewat jaringan internet, dan dalam waktu bersamaan .dan
umumnya informasi yang ada tertuang dalam bentuk data dan fakta bukan cerita.
-
Adanya pembaruan (updating) informasi
Informasi disampaikan secara terus
menerus, karena adanya pembaruan (updating)informasi. Penyajian yang bersifat
realtime ini menyebabkan tidak adanya waktu yang diiistemewakan (prime time)
karena penyediaan informasi berlangsung tanpa putus, hanya tergantung kapan
pengguna mau mengaksesnya.
-
Interaktivitas
Salah satu keunggulan media online ini
yang paling membedakan dirinya dengan media lain adalah fungsi interaktif.
Model komunikasi yang digunakan media konvensional biasanya bersifat searah
(linear) dan bertolak dari kecenderungan sepihak dari atas (top-down).
-
Personalisasi
Pembaca atau pengguna semakin otonom
dalam menentukan informasi mana yang ia butuhkan. Media online memberikan
peluang kepada setiap pembaca hanya mengambil informasi yang relevan bagi
dirinya, dan menghapus informasi yang tidak ia butuhkan. Jadi selektivitas
informasi dan sensor berada di tangan pengguna (self control).
-
Kapasitas muatan dapat diperbesar
Informasi yang termuat bisa dikatakan
tanpa batas karena didukung media penyimpanan data yang ada di server komputer
dan sistem global. Informasi yang pernah disediakan akan tetap tersimpan, dan
dapat ditambah kapan saja, dan pembaca dapat mencarinya dengan mesin pencari
(search engine).
-
Terhubung dengan pengguna lain (hyperlink)
Setiap data dan informasi yang disajikan
dapat dihubungkan dengan sumber lain yang juga berkaitan dengan informasi
tersebut, atau disambungkan ke bank data yang dimiliki media tersebut atau dari
sumber-sumber luar. Karakter hyperlink ini juga membuat para pengakses bisa
berhubungan dengan pengakses lainnya ketika masuk ke sebuah situs media online
dan menggunakan fasilitas yang sama dalam media tersebut, misalnya
dalamchatroom, lewat e-mail atau games.
Jurnalistik/4/C
UIN SGD Bandung
Posting Komentar